Ketahui Kredit Usaha Rakyat untuk Usaha Mikro

Dewasa ini untuk mengembangkan usaha mikro sudah sangat mudah, karena pemerintah sendiri sudah meringankan salah satu beban pengusaha mikro, lewat Kredit Usaha Rakyat yang disingkat dengan KUR. Kredit usaha rakyat adalah kedit/ pembiayaan modal kerja dan investasi kepada UKMK di bidang usaha produktif dan layak namun belum bankable dengan plafon sampai dengan Rp. 500.000.000 yang dijamin oleh perusaan penjamin. Maksudnya usaha produktif, layak dan belum bankable adalah usaha yang yang memiliki prospek serta belum melakukan pinjaman ke bank manapun. Langkah ini disebut untuk mengembangkan perekonomian negara, seperti yang kita tahu usaha kecil menengah, mikro dan koperasi menyumbang 60% dari PDB dan menampun 97% tenaga kerja. Maka dari itu hal ini sebagai jalan keluar agar perekonomian Indonesia lebih berkembang. 


Agar tepat sasaran maka penerima kredit haruslah memenuhi kriteria, sebagai berikut:
- Memiliki usaha yang menghasilkan barang dan jasa yang memberi nilai tambah bagi pelaku usaha,
- Usaha yang keuntungannya dapat membayar angsuran pokok kredit perbulannya,
- Dan, usaha yang belum mendapatkan kredit usaha sebelumnya.
Bila sebuah perusahaan atau usaha memenuhi ketiga kriteria tersebut maka tidak ada salahnya untuk mengajukan Kredit ke bank-bank yang bekerja sama dengan perintah, seperti:
-  PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk,
- PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk,
- PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk,
- PT. Bank Tabungan Negara (Persero),
- PT. Bank Bukopin Tbk,
- PT. Bank Syariah Mandiri, dan
- PT. Bank BNI Syariah
Sebelum mencairkan kredit pengusaha harus melewati tahap survei yang cukup ketat yang dilakukan oleh pihak Bank. Jika usaha sudah memenuhi karakter penerima kredit usaha rakyat maka tahap selanjutnya adalah mencairkan kredit, namun sebelum itu Anda harus mengetahu beberapa hal, seperti:
1.       Minta penjelasan mengenai detail pengenaan suku bunga dan apakah ada denda keterlambatan, biaya pencairan dan lainnya.
2.       Perhitungkan omzet yang Anda dapatkan lebih dari biaya angsuran perbulannya memperkecil kemungkinan gagal bayar.
3.       Transparan akan usaha Anda kepada pihak Bank tetang bisnis yang Anda jalani.
4.       Baca secara mendetail sebelum menandatangi kontrak peminjaman kredit. Jangan sampai ada satu butir pasal terlewat Anda ketahui.
5.       Usahakan memenuhi kewajiban membayar anguran, hal ini berguna sebagai penilaian dasar Bank untuk memberikan tawaran pinjaman lainnya.

0 Response to " Ketahui Kredit Usaha Rakyat untuk Usaha Mikro "

Posting Komentar